Musisi/Aktivis Afrika, Angelique Kidjo Dapatkan Human Right Award
Musisi dan aktivis asal Afrika, Angelique Kidjo dianugerahkan Human Right Award.

London, Seruu.com - Amnesty International memberikan penghargaan tertinggi 2016 kepada penggiat hak asasi manusia kepada musisi pemenang Grammy Award, Angelique Kidjo dan 3 pemuda aktivis gerakan Afrika atas pengabdian mereka dalam melawan ketidakadilan.

Benin melahirkan Kidjo dan grup "Y'en a marre" dari Senegal, Le Balai Citoyen dari Burkina Faso dan Lutte pour le Changement (Lucha) dari Republik Demokratik Kongo telah menunjukkan "keberanian yang luar biasa," kata Amnesty.

"(Mereka) semua telah membuktikan diri sebagai pendukung yang berani membela hak asasi manusia, dan menggunakan bakat mereka untuk menginspirasi orang lain," ujar Salil Shetty, Sekretaris Jenderal Amnesty dalam sebuah pernyataan.

Pemenang Ambassador of Conscience Award sebelumnya, termasuk almarhum mantan pemimpin Afrika Selatan, Nelson Mandela, politisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, Band rock U2, Artis Cina Ai Weiwei dan penyanyi-penulis lagu Amerika, Joan Baez.

Kidjo melarikan diri dari tanah airnya pada tahun 1980-an setelah dipaksa untuk melakukan tekanan bagi rezim negara yang represif.

Sepanjang 30 tahun karirnya telah melahirkan 12 album, ia pernah menjadi juru kampanye untuk kebebasan berekspresi dan sunat terhadap alat kelamin perempuan.

Y'en a marre (Fed Up) adalah grup rapper yang beanggotakan orang Senegal dan para wartawan yang bergabung sejak 2011 demi mendorong orang muda untuk mendaftar menjadi pemilih dalam pemilu negara itu dan menggunakan hak mereka untuk kebebasan berekspresi.

Y'en marre terus aktif sejak pemilu, menyelenggarakan pertemuan dan mendesak pemerintah baru untuk melaksanakan perubahan yang dijanjikan seperti reformasi tanah, isu utama untuk mengatasi kemiskinan di pedesaan Senegal.

Le Balai Citoyen (The Citizen ini Broom) adalah sebuah gerakan politik akar  rumput yang  berkomitmen untuk melakukan aksi protes damai. Didirikan sejak 2013 oleh dua musisi, artis reggae Sams'K Le Jah dan rapper Smockey (Serge Bambara).

Le Balai Citoyen telah menyuarakan keprihatinan tentang berbagai isu dari korupsi dan penyitaan tanah untuk memutuskan kekuatan, dan memobilisasi massa untuk mengklaim hak-hak mereka dan melawan impunitas.

Lucha adalah gerakan pemuda lain yang berbasis komunitas yang berkomitmen untuk melakukan aksi protes damai. Gerakan ini diciptakan di Goma, timur DRC, pada tahun 2012.

Aktivisme yang berfokus pada isu-isu sosial, hak asasi manusia dan perlindungan warga sipil dari kelompok bersenjata. Lucha melakukan advokasi untuk keadilan sosial dan pemerintahan yang demokratis melalui tindakan non-partisan dan tanpa kekerasan.

Kidjo dan para sesama penerima penghargaan lainnya akan tapil pada upacara penganugerahan di Dakar, Senegal, tanggal 28 Mei mendatang. -reuters-

[hs]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar