Dedi Mizwar Miris Dengan Sikap Cuek Pemerintah Terhadap Perfilm-an Indonesia
Dedi Mizwar (Ipul/Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Aktor kawakan Dedi Mizwar mengaku miris dengan sikap acuh pemerintah terhadap perfilm-an Indonesia. Sejauh ini, kata Dedi, perfilm-an Indonesia mampu sedikit bangkit dan berkembang bukan karena perhatian dari pemerintah, melainkan murni dari hasil kerja keras para praktisi perfilm-an nasional.

"Tidak ada sejarah di negara manapun, film tanpa ada peran pemerintah di sana. Tapi film Indonesia, sampai detik ini tidak ada peran pemerintah," ungkap Dedi Mizwar saat ditemui usai Seminar Hari Film Nasional di Auditorium Gedung Film, kawasan MT. Haryono, Jakarta, Rabu  (27/03/2012).

Berkaca pada negara lain, menurutnya Indonesia sudah teramat jauh ketinggalan. Namun, hal tersebut tak juga membuat pemerintah bergairah untuk memberikan porsi perhatian yang lebih besar terhadap industri perfilm-an tanah air.

"Sampai hari ini, Jerman dan Korea tetap mensubsidi kebudayaannya. Film Korea bisa seperti itu filmnya (mendunia) karena dukungan dari pemerintahannya, begitu juga Jerman," bebernya.

"Kita belum pernah melihat film sebagai alat untuk sebuah mindset bangsa. Negara lain sudah melakukan itu. Bahkan India maju saat ini, karena beberapa tahun lalu mereka memprotect perfilm-annya. Amerika juga begitu," tegasnya.

Dedi mengakui bahwa ada beberapa film karya anak bangsa yang mendapat apresiasi atau pengakuan baik dari dalam dan luar negeri, namun menurutnya hal tersebut tentu belum ada apa-apanya dalam perfilm-an dunia. Jika saja pemerintah mau peduli dengan nasib perfilm-an Indonesia, kata Dedi, tentu karya-karya anak bangsa bisa bertengger di kancah perfilm-an internasional.

"Kita harus benahi perfilm-an Indonesia, apalagi sekarang masuk dunia digital, sebentar lagi perfilm-an Indonesia bisa mati kalau kayak gini terus," tuntasnya. [Pul]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar