Dunia Perfilman Berduka, Aktor Senior Kharuddin Sjah Meninggal Dunia
Kaharuddin Sjah (istimewa)

Seruu.com - Dunia perfilman tanah air kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya. Senin (12/3), aktor senior Kaharuddin Sjah meninggal dunia di usia 69 tahun. Almarhum menghembuskan nafas terakhir berkisar pukul 16.30 di RS Pertamina Jakarta Selatan akibat penyakit kanker rongga perut.

Sebelumnya, pemeran film Janur Kuning itu sempat dirawat di rumah sakit selama 14 hari. Hingga Senin malam, jenazah almarhum masih disemayamkan di rumah duka Jalan Kamboja Nomor 2, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Puluhan pelayat baik rekan di dunia perfilman, masyarakat berdatangan ke rumah duka. Sambil terus melafalkan kalimat Yasin dan tahlil isak tangis dari keluarga pun tak terbendung lagi.

"Awalnya Bapak mengeluh perutnya sakit hingga terlihat bengkak. Lalu kita bawa ke RS Pertamina setelah didiagnosa terkena kanker," kata Doni Driandi, putra Kaharuddin.

Hingga akhir hayatnya Kaharuddin Sjah meninggalkan tiga orang anak yang kesemuanya adalah lelaki. Yakni Ilham Iranda Sjahputra, Dony Driandi dan Mirza Mahendra. Duka mendalam dirasakan oleh ketiga putra aktor senior yang juga purnawirawan TNI angkatan laut berpangkat Letnan Kolonel itu.

"Saya malah tidak pernah menganggap ayah saya sebagai aktor film atau selebritis, saya lebih mengenal beliau sebagai Letkol angkatan laut. Itu yang membuat kami bangga," ungkap Ilham. "Dan berkat didikannya, alhamdulillah kami bertiga selesai dengan baik, dalam sekolah, pendidikan maupun pekerjaan."

Tidak hanya keluarga, kehilangan yang mendalam juga turut dirasakan aktor senior Toro Margens. Begitu banyak kenangan indah Toro bersama almarhum sewaktu mereka melaksanakan syuting bareng. Bahkan Toro telah menganggap Kaharuddin sebagai kakak.

"Beliau adalah sahabat, guru sekaligus orang tua bagi saya. Ketika acara break alias tidak syuting beliau adalah penggembira yang sering bercerita yang lucu-lucu yang jarang saya temui pada yang lainnya. Orangnya terbuka dan ngayomi," papar Toro.

Almarhum Kaharuddin Sjah lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 3 April 1942. Dia mengawali di dunia perfilman 1976 saat membintangi film berjudul Janji Sarinah. Prestasi terbaiknya adalah saat meraih penghargaan pemeran utama pria terbaik pada Festival Film Indonesia lewat film Letnan Harahap (1978) yang disutradarai oleh Sophan Sophian.

Kini setelah 30 tahun lebih berkiprah di dunia perfilman Kaharuddin akhirnya tutup usia. Rencananya jenazah almarhum Kaharuddin Sjah akan dimakamkan hari ini berkisar pukul 10.00. Jenazah akan dimakamkan di samping makam istrinya di taman pemakaman umum yang berada di depan rumahnya.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar