Setelah Tahu Bukan Anak Kandung Rano Karno, Raka Depresi

Jakarta, Seruu.Com - Wakil Gubernur Banten yang juga aktor film, Rano Karno, mengakui jika Raka Widyarma, 20 tahun, yang ditangkap Polres Bandar Udara Soekarno Hatta pada Selasa (6/3), terkait kepemilikan 5 butir ekstasi adalah anak angkatnya.

"Jujur saya ingin katakan, iya Raka anak angkat saya. Dia anak sahabat saya, sejak kecil dia tinggal bersama saya," kata Rano di kediamannya, komplek Bumi Karang Tengah Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (10/3).

Menurut Rano, ini klimaks dari depresi Raka yang dihadapinya sejak duduk di bangku SD. Ia diadopsi sejak satu minggu setelah dilahirkan dari keluarga sahabat Rano, Piter Hidayat. Selama sekitar 18 tahun Rano menyimpan rahasia itu dan berusaha menyatakan pada Raka bahwa ia adalah anak Rano.

Namun, kata Rano, ia juga tidak bisa menutupi obrolan di luar sana. Kabar bahwa Raka bukan anaknya tersebar hingga ke teman-teman Raka. Teman-teman Raka di sekolahnya sering mengejek Raka. Putra Rano yang introvert ini kemudian memendam kesedihannya bertahun-tahun.

Rano mengaku ia dan keluarga sempat membawa Raka ke psikiater karena kecenderungan emosinya labil, mudah stres. Raka diberikan semacam obat penenang dari dokter agar kondisi kejiwaannya tetap tenang dan tidak mudah depresi. Rano tahu anaknya stres dan mencari pelarian. Ia mengaku berusaha untuk membuat anaknya tak terpojok. Ia memahami betul apa yang dirasakan Raka selama bertahun-tahun.

"Ketika dia depresi, saya meyakinkan dia kalau dia anak saya. Sampai akhirnya, pada dua tahun lalu saya baru bercerita kepada dua anak saya kalau mereka bukan anak kandung saya. Meski demikian, saya ingin katakan 'saya ini tetap Bapakmu'," Jelas Rano.

Raka, kata Rano memiliki penyakit Bipolar, sejenis penyakit kelainan ganda. Jika kondisinya sedang senang, kelainan itu tidak membawa dampak apapun. Tapi, jika sedang dalam kondisi depresi maka dia akan menyiksa diri.

Sejak kecil penyakit itu dialami Raka dan dia harus terus minum obat hingga saat ini. "Saya tahu anak saya kecanduan obat dari dokter. Tapi, saya tidak tahu kalau Raka mengganti obat depresi tersebut dengan obat-obatan yang lain. Jujur saya tidak mengetahuinya," kata Rano. [ksr]
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar