Seniman Campur Sari Manthous Meninggal Dunia
Seniman campur sari Manthous Beserta Sang Isteri

Solo, Seruu.Com - Kabar kematian seniman campur sari Manthous memunculkan duka mendalam di hati dalang Ki Warseno Slank.

Penyanyi dan pencipta lagu campur sari ternama, Manthous, meninggal dunia di Rumah Sakit Islam Pamulang, Tangerang, karena serangan jantung. Ia mengembuskan napas terakhirnya, Jumat (9/3) kira-kira pukul 07.00 WIB. Sebelumnya, ia sempat jatuh dan sesak napas.

"Banyak kenangan antara saya dan dia, karena pada era 90-an, dia sering pentas bersama, saat saya mendalang. Mas Manthous itu seniman tradisi berdedikasi, punya unggah-ungguh dan diterima hampir semua seniman dalang," ucap Ki Warseno mengenang almarhum mantan suami sinden Sunyahni itu, di Solo.

Warseno menyebut almarhum Manthous belum bisa disejajarkan dengan Ki Narto Sabdo, yang dijagat kesenian tradisi mendapatkan gelar sebagai resi campursari. Namun sebagai penerus kesenian campursari, almarhum terbilang sangat sukses di bidangnya.

Lagu atau gending campur sari pertama yang naik daun hasil garapannya adalah lagu Pepeling, sebuah lagu Jawa bernapaskan islami karya Ki Anom Suroto. Menurut dalang dari Timasan ini, melalui lagu campursari Pepeling ini, Manthous menjadi sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di kota Malang sekitar 15 tahun silam.

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar