50 Ribu Copy Lagu Michael Jackson Dibobol Dari Server Sony Music
Ilustrasi

Seruu.com - Sebanyak 50 ribu lagu Michael Jackson (MJ) yang tersimpan di arsip digital Sony Music Entertainment dibobol hacker. Materi yang baru dibeli Sony pada Maret 2010 senilai USD 250 juta (sekitar Rp 2,2 triliun) itu terdiri atas beberapa track lawas dan beberapa lagu yang belum dirilis.

Hal ini tentu menimbulkan kerugian besar bagi Sony. Sebab, lagu-lagu tersebut diperkirakan memberikan keuntungan berlipat. Rencananya, Sony membaginya dalam tujuh kali rilis. Namun, belum sempat dirilis, Sony kebobolan.

Sony sendiri membeli materi itu delapan bulan setelah MJ meninggal pada 25 Juni 2009. Persetujuan pembelian materi itu sendiri disebut sebagai yang tertinggi dalam sejarah industri musik. "Setiap materi yang dibeli Sony dari Michael Jackson sangat menjanjikan," ujar salah seorang sumber kepada Sunday Times.

Menurut laporan Guardian, pihak berwajib telah menangkap dua pria dari Inggris yang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka mencuri lagu-lagu itu dengan cara men-download-nya secara ilegal.

Heboh insiden bobolnya server Sony ini bukan yang pertama. Sebelumnya juga terjadi pelanggaran oleh hacker di Sony PlayStation Network pada 2011. Data penting seperti nama, alamat rumah, alamat e-mail, ulang tahun, username, dan password dari 77 juta pelanggan raib dicuri.   

Ketika itu Sony meminta maaf atas kelalaiannya dan berjanji memperbaiki sistem demi kenyamanan pelanggan. Tapi, pelanggaran itu malah merembet ke Sony Music Jepang dan toko online Sony Ericsson.

Pada Juni 2011, grup hacker bernama the LulzSec mengumumkan data 54 MB berisi kode-kode dari Sony Computer Entertainment Developer Network. Di dalamnya terdapat peta network internal Sony BMG.  [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar