Samai Hugo, The Artist Unggul Karena Kantongi Best Picture, Best Director dan Best Actor
Produser The Artist Thomas Langmann saat menerima Oscar untuk kategori bergengsi The Best Motion Picture

Seruu.com - Ajang Academy Award 2012 yang digelar di Kodak Theatre, Hollywood dan Highland Center, Amerika Serikat kali ini menjadi milik The Artist dan Hugo. Bagaimana tidak? Dalam helatan penghargaan paling bergengsi di dunia perfilman itu prestasi duo film ini luar biasa, sama-sama meraih lima piala Oscar--sebutan populer untuk Academy Award.

Namun di puncak penghargaan, Hugo tampaknya harus merelakan The Artist menjadi ‘rajanya’. Film bisu ini berhasil membawa pulang predikat yang paling dinanti insan perfilman dunia, Film Terbaik, Aktor Terbaik  dan Sutradara Terbaik. Di luar itu, film ini juga menggondol piala lain untuk kategori Original Musik Terbaik dan Desain Kostum Terbaik.

Sementara pesaingnya, Hugo mengantongi Oscar untuk Achievement in Cinematography, Achievement in Art Direction, Achievement for Visual Effect, Sound Editing dan Sound Mixing.

Prestasi The Artist sejak awal memang sudah dapat diprediksi. Film ini sehari sebelumnya, Sabtu (25/2) atau Minggu (26/2) WIB juga meraih penghargaan Film Independen Terbaik tahun ini di ajang Film Independent Spirit Award.

Pelaku-pelaku di balik The Artis pun tampak terkejut menjadi film yang dianugerahi Oscar. Sebab, biasanya para pemenang Indie Spirit Award tak difavoritkan di Oscar. Ekspresi itu tampak dari wajah sutradara The Artist  Michel Hazanavicius. Begitu namanya disebut sebagai Sutradara Terbaik,  dia langsung mencium istrinya Berenice Bejo. Michel tampak sangat bahagia menerima penghargaan prestisius tersebut.

Ia mengalahkan sutradara lainnya Alexander Payne ‘The Descendants’, Martin Scorsese ‘Hugo’, Woody Allen ‘Midnight in Paris’, dan Terrence Malick ‘The Tree of Life’.

‘The Artist’ telah dirilis pada 15 Mei 2011. Latar cerita terjadi di Hollywood antara kurun waktu 1927 dan 1932 dan berfokus pada aktor yang popularitasnya menurun, dan aktris yang sedang naik daun. Film tersebut diproduksi tanpa suara dan hitam - putih. Sang aktor utama Jean Dujardin berhasil meraih penghargaan Aktor Terbaik di Cannes Film Festival 2011.

Sebagai puncak dari prestasi penghargaan di bidang perfilman, Academy Awards ke 84 itu menasbihkan Jean Dujardin dan Meryl Streep sebagai aktris dan aktor terbaik.

Ajang Oscar kali ini juga menobatkan aktor Christopher Plummer sebagai aktor peraih Oscar tertua. Christopher Plummer yang berusia 82 tahun itu menang di kategori Performance by an Actor in a Supporting Role. Plummer mengalahkan nominator lainnya Kenneth Branagh ‘My Week With Marilyn’, Jonah Hill ‘Moneyball’, Nick Nolte ‘Warrior’, dan Max von Sydow ‘Extremely Loud & Incredibly Close’.

Rekor aktor tertua peraih Oscar sebelumnya dipegang oleh George Burns yang menerima Oscar untuk kategori yang sama lewat film ‘The Boys Sunshine’. Saat menerima penghargaan tersebut, ia telah berusia 80 tahun.   Setelah George, Jessica Tandy memenangkan ‘Aktris Terbaik’ pada usia 81 tahun untuk ‘Driving Miss Daisy’. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar