Berikut Fakta dan Data Menarik Dalam Ajang Oscar Hari Ini
Piala Oscar

Seruu.com - Berikut adalah sejumlah fakta menarik dalam penyelenggaraan Oscar tahun ini yang dapat memberikan pengetahuan bagi Anda.

* Tahun ini Meryl Streep kembali menjadi nominator penerima Oscar. Menurut catatan, Streep sudah menerima 17 kali nominasi. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu      artis yang masuk dalam nominasi terbanyak dalam sejarah Oscar. Kali ini, Streep menerima nominasi dalam aktingnya sebagai Margareth Thatcher di film "The Iron Lady".

* Billy Crystal akan menjadi pembaca acara perhelatan Oscar tahun ini untuk kesembilan kalinya, setelah aktor Eddie Murphy ditarik keluar saat menit terakhir lantaran masalah tentang sambutan anti-guy. Bob Hope tercatat sebagai pembawa acara Academy Awards terbanyak, yakni 11 kali dan tujuh kali dengan co-host.

* Musisi John Williams memiliki total 47 nominasi, termasuk dua tahun belakangan ini. Ia menempati urutan kedua setelah Walt Disney sebagai seseorang yang paling banyak menerima nominasi dalam sejarah Oscar. Diantara yang masih hidup, ada pula Woody Allen yang telah dinominasikan sebanyak 23 kali, termasuk dalam dua tahun ini.

* Film Iran "A Separation" adalah film dengan skenario dalam bahasa Persia pertama yang menerima nominasi oscar.

* Kodak Theatre, tempat berlangsungnya Oscar selama 10 tahun terakhir, tidak lagi disebut demikian (Kodak Theatre) setelah ikon perusahaan foto tersebut dinyatakan bangkrut dan menarik diri dari kesepakatan sponsor seminggu sebelum acara berlangsung tahun ini. Perhelatan tahun ini pun dilangsungkan di tempat Hollywood and Highland Center, kompleks perbelanjaan dan hiburan yang meliputi tempat yang dulunya disebut Kodak Theatre. Belum diketahui, kapan logo Kodak akan diturunkan.

* Sutradara asal Jerman, Wim Wenders yang menerima nominasi untuk film "Pina", yang mengisahkan tentang kegiatan terakhir koreografer asal Jerman, Pina Bausch , merupakan film pertama 3D yang dinominasikan untuk kategori dokumenter.

* "The Artist" merupakan dilm hitam -putih ke-10 yang dinominasikan untuk kategori sinematografi sejak tahun 1967; ketika kategori film hitam-putih telah terpisah dan dieliminasi. Sebelumnya dinominasikan; "In Cold Blood" (1967), "The Last Picture Show" (1971), "Lenny" (1974, "Raging Bull" (1981), "Zelig" (1983), "Schindler's List" (1993), "The Man Who Wasn't There" (2001), "Good Night, and Good Luck" (2005), dan "The White Ribbon" (2009).

*  George Clooney untuk kedua kalinya dinominasikan dalam dua kategori yang berbeda untuk dua film berbeda di tahun yang sama. Tahun ini, ia dinominasikan sebagai aktor terbaik dalam "The Descendants" dan untuk skenario adaptasi terbaik dalam "The Ides of March". Di tahun 2005, dia memenangkan Oscar sebagai aktor pendukung terbaik dalam film "Syriana" dan juga dinominasikan untuk skenario asli dalam film "Good Night, and Good Luck".

* Woody Allen, dinominasikan dalam kategori sutradara terbaik dan skenario terbaik dalam "Midnight in Paris", melewati Billy Wilder yang nyaris menjadi nominator ganda untuk ketujuh kalinya, sebagai sutradara dan penulis skenario pada film yang sama.

* Untuk pertama kalinya dalam sejarah Oscar sembilan film dinominasikan dalam kategori Best Picture. Selama dua tahun terakhir, jumlah dalam setiap kategori meningkat dari lima sampai sepuluh judul film. [ndis]/globe]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar