Rajin Konsumsi Wine Bisa Timbulkan Kanker Mulut

Seruu.com - Pemerintah Inggris tengah mengampanyekan peringatan bahaya mengkonsumsi dua gelas besar wine atau dua liter bir dalam sehari. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan terkena risiko kanker mulut. National Health Service (NHS) merekomendasikan pria tidak boleh secara teratur minum lebih dari tiga sampai empat kali, sedangkan wanita tidak boleh minum lebih dari dua sampai tiga kali sehari.

Kampanye ini diikuti dengan survei yang dilakukan kepada lebih dari 2.000 orang.

Dari survei ini, ditarik kesimpulan 85 persen orang tidak menyadari konsumsi alkohol lebih dari batas yang direkomendasikan dapat meningkatkan risiko terkenanya kanker payudara, 65 persen tidak menyadari dapat meningkatkan risiko kanker usus, 63 persen tidak tahu tentang peningkatan risiko pankreatitis, 30 persen tidak menyadari risiko terkena tekanan darah tinggi, 37 persen tidak mengetahui dapat mempengaruhi kesuburan, serta 59 persen tidak mengetahui risiko kanker mulut tenggorokan dan leher.

"Alkohol dapat meningkatkan risiko tujuh jenis kanker, termasuk dua dari jenis yang paling umum: kanker payudara dan kanker usus. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa hampir 12.500 kanker di Inggris setiap tahunnya disebabkan oleh alkohol," ungkap Sarah Lyness dari lembaga riset kanker di Inggris (Cancer Research UK).

Kampanye iklan yang berada di bawah bendera Change4Life akan membagikan selebaran yang tersedia bagi pendukung dan bagi mereka yang berada di bidang kesehatan.

Peminum akan di dorong untuk menurunkan tingkat konsumsi alkohol, yakni dengan memiliki hari bebas alkohol, tidak mengkonsumsi alkohol di rumah sebelum pergi keluar, serta melakukan pemeriksaan pada minuman yang rendah alkohol.

"Sangat penting bagi kami untuk mendukung masyarakat mengenai dampak mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dapat menimbulkan risiko kesehatan, dan bagaimana mereka dapat mengontrol minum mereka," ujar Andrew Lansley, sekretaris kesehatan Change4Life. [ndis]

Peraturan Komentar