Peter Tosh Sang Legenda Dewa Gitar dari Jamaika  (1)
Peter Tosh -dedica.la

 

seruu.com – Keinginannya untuk mendalami seni musik terus berkembang, hingga ia bertemu dengan dua orang teman kecilnya (Bob Marley dan Bunny Livingston) dan kemudian mulai belajar bernyanyi dan gitar bersama pada Joe Higgs yang merupakan salah seorang musisi yang cukup terpandang pada saat itu di kota Trenchtown, Jamaika. Keinginannya ini tidak menghentikan langkahnya untuk menjadi salah satu gitaris paling mahir diseluruh pulau Jamaika.

 

 

Peter Tosh yang terlahir dengan nama Winston Hubert McIntosh, pada 19 Oktober 1944. Merupakan salah seorang musisi Reggae Jamaika dan ia juga merupakan salah satu pendiri dari band The Teenagers yang kemudian menjadi The Wailing Rudeboys, kemudian The Wailing Wailers dan kemudian menjadi The Wailers. Ia terlahir di Petersfield Jamaika, sejak kecil Winston dibesarkan oleh bibinya dengan bakat musik yang besar. Ketertarikannya terhadap musik dimulai dari mendengarkan lagu-lagu yang sering didengarnya dari beberapa stasiun radio Amerika, salah satunya New Orleans yang sering sekali mereka dengarkan. Stasiun radio tersebut menyiarkan lagu-lagu terbaru dengan artis seperti Ray Charles, Fats Domino, Curtis Mayfield dan Brook Benton dan juga sangat memperhatikan salah satu kelompok vokal kulit hitam seperti Drifters yang pada saat itu sangat populer di Jamaika.

 

Ketika kemudian ditanya apakah ia ingat pertama kali ia belajar bermain gitar, instrumen yang kemudian membuatnya menjadi terkenal, Tosh mengatakan,"Aku hanya satu kali melihat ibuku bermain gitar dan ia memainkan gitarnya dengan baik, itu membuat saya begitu tertarik dengan alat musik gitar”. “Saat itu saya bisa terduduk di depannya selama sekitar setengah hari, walaupun ia hanya memainkan satu buah lagu”. “Dalam setengah hari itu, dia telah menghipnotis saya”. “Hingga mata saya tidak berkedip dengan segala yang telah dilakukan dengan jari-jarinya, aku langsung mengambil gitar dan memainkan lagu yang baru saja ia mainkan”. “Dan ketika itu aku memintanya untuk mengajarkan aku, itu pertama dan terakhir yang bisa aku ceritakan tentang dia" (Stepping Razor, hal 143). (A.H Khalidi) .. Bersambung  

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar