Rocky Dawuni,  Meretas Isue Sosial lewat Musik Reggae (1)
Berita Reggae Internasional (istimewa)
Ada sebuah band militer yang disebut Barel panas , saya tertarik pada musik, jadi sering kali saya ikut bergabung santai di latihan mereka. Dan kemudian satu waktu, mereka mulai bermain lagu-lagu Bob Marley, dan aku ingat benar-benar ditarik dengan kata-kata dan juga pesan dan niat musik itu.

 

Seruu.com – Ia dijuluki ‘Ghana Bob Marley’. Musisi Reggae sensasional dengan nama asli Rocky Dawuni dikenal tidak hanya dapat membawa suasana menjadi ceria kepada para penontonnya di seluruh dunia, akan tetapi juga mempromosikan isu sosial melalui berbagai kegiatan kemanusiaannya.

 

Penyanyi sekaligus penulis lagu yang mengakui bahwa pertama kali jatuh cinta dengan Reggae di usia mudanya, ketika ia mendengarkan di Michael Camp yang merupakan sebuah barak militer tempatnya lahir dari sebuah band militer Ghana bernama Hot Barel yang memainkan lagu Bob Marley dan dia langsung terpikat. "Saya ingat bagaimana saya benar-benar seakan ditarik dengan kata-kata dan juga pesan dari sebuah karya musik", katanya kepada CNN.
Sekarang ia menetap di Los Angeles, Dawuni telah merilis lima album dan telah tampil bersama bintang-bintang dunia seperti Stevie Wonder dan pada beberapa acara besar di dunia. Kegiatan menciptakan lagu Rocky Dawuni masih di dasarkan pada kejadian demi kejadian yang dialaminya di Ghana.
Akan Tetapi yang paling mengesankan dari prestasinya sejauh ini adalah ia telah ikut mempelopori dan tampil pada acara Independent Splash Festival di Ghana. Yaitu sebuah acara tahunan yang dapat menarik ribuan pecinta musik dan juga kampanye penyadaran terhadap serangkaian permasalahan sosial, termasuk penyediaan air bersih dan bantuan pendidikan.
 

CNN: Dapatkah Anda menjelaskan pertama kali Anda pernah mendengar reggae dan perasaan itu dibuat di dalam kamu?
Rocky Dawuni: Pertama kali saya mendengar musik reggae ini (pada) Michel Camp, yang merupakan barak militer di Ghana di mana saya dilahirkan.
Ada sebuah band militer yang disebut Barel panas , saya tertarik pada musik, jadi sering kali  saya ikut bergabung santai di latihan mereka. Dan kemudian satu waktu, mereka mulai bermain lagu-lagu  Bob Marley, dan aku ingat benar-benar ditarik dengan kata-kata dan juga pesan dan niat musik itu.
Ini benar-benar cinta pada pandangan pertama. Dan sejak itu saya juga menyadari bahwa panggilan saya pun ke arah itu, menggunakan musik sebagai alat yang untuk mengartikulasikan semua yang saya lihat di sekitar saya.
CNN: Kapan Anda pertama kali menyadari Anda bisa menyanyi? (bersambung)
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar