Media Milik Rupert Murdoch Harus Bayar 1,8 Miliar Akibat Sadap Telepon Artis Jude Law

Seruu.com - Puluhan tokoh masyarakat, termasuk aktor Jude Law, memenangkan gugatan mereka atas penyadapan telepon yang dilakukan News Of The World (NOTW), perusahaan milik taipan Media Rupert Murdock. Pengadilan Tinggi mendengar pernyataan dari 18 pengadu yang telah mencapai kesepakatan dengan News Group Newspapers, penerbit koran sekarang sudah tidak beroperasi.

Rincian jumlah yang diberikan kepada masing-masing diberikan di pengadilan. Transaksi atas 36 klaim terhadap perusahaan itu kini telah diselesaikan.

Jude Law dikabarkan menerima 130 ribu pound streling atau setara Rp 1,827 miliar. Perhitungan ini didasarkan pada 16 artikel yang ditulis tentang aktor itu antara 2003 dan 2006 berdasarkan informasi yang diperoleh secara ilegal.

Perusahaan mengakui bintang itu telah diikuti, baik di rumah dan di luar negeri, sampai April 2007. Law mengatakan dia telah membawanya ke jalur hukum "untuk mencoba mencari kebenaran".

"Bagi saya, kasus ini bukan menyangkut uang, namun menyangkut upaya saya mencari tahu apa yang terjadi. Saya berterima kasih kepada teman dan keluarga saya," katanya.

Jude Law termasuk salah satu dari 60 orang yang menggugat NGN setelah mengklaim bahwa telepon genggamnya disadap.

Kasus lain yang diputuskan oleh Pengadilan Tinggi London, Kamis, 19 Januari 2012 adalah penyadapan telepon dua mantan menteri, Chris Bryant dan Tessa Jowell, serta mantan Perdana Menteri John Prescott.

Kuasa hukum News Group, Michael Silverleaf, menyampaikan permintaan maaf atas kerugian yang ditimbulkan terkait aktivitas ilegal itu. [ndis]

Peraturan Komentar