Golshifteh Farahani, Pose Bugil Protes Atas Kebijakan Ultra Konservatif Iran
Pose Golshifteh Farahani dalam majalah berita Madame Le Figaro

Seruu.com - Golshifteh Farahani pindah dari Iran ke Paris tahun lalu. Dia muncul dalam majalah berita Madame Le Figaro sebagai protes terhadap kebijakan budaya yang ultra-konservatif, yang membatasi peran wanita dalam industri film Iran.

"Saya diberi tahu oleh departemen kebudayaan bahwa Iran tidak memerlukan aktor atau artis dan 'Anda mungkin bisa menawarkan layanan artistik Anda di tempat lain'," katanya.

Farahani adalah aktris Iran pertama yang muncul dalam produksi film Hollywood. Seperti dilansir The Independent, dia beradu akting dengan aktor Leonardo DiCaprio dan Russell Crowe dalam memerankan seorang agen CIA yang dikirim ke Yordania untuk melacak jaringan Al-Qaidah.

Beberapa penggemar memuji keberaniannya dalam menangani suatu hal yang tabu di kalangan perempuan muslim. Namun setiap sepak terjangnya selalu diawasi negara.

Kemarin Pemerintah Iran secara resmi melarangnya kembali ke negeri itu atas semua tindakannya yang dianggap melecehkan agm dan budaya islam.

Bukan kali ini saja Farahani  membuat marah otoritas berwenang negeri itu. Ia pernah dicegah ke Hollywood, di mana dia dijadwalkan menegosiasikan kontrak film baru, setelah dia tampil dalam Body of Lies. Ia dicokok dari pesawat yang akan menerbangkannya ke Los Angeles pada 20 Agustus 2008. Alasannya, "tak bisa membintangi sebuah film Hollywood tanpa izin dari pihak berwenang Iran."

Nama Farahani berkibar setelah bermain dalam film Santouri, terutama karena beberapa anggota garis keras dari Komisi Sensor Film Iran menghendakinya ditangkap atau dilarang muncul dalam film lain. [ndis]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar bw
  • star goldstar goldstar goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar