Ini Dia Bahaya Tindik Lindah Bagi Anda

Seruu.com - Tindik telinga terdengar sudah terlalu usang. Tren akhir-akhir ini adalah tindik lidah yang bahkan telah menjadi bagian dari penampilan. Padahal tidak semuanya prosedurnya aman. Apa sajakah itu?

1. Bakteri dan virus
Penggunaan peralatan yang tidak steril dapat dipastikan memunculkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada lidah. Lubang pada daerah tindikan lidah akan menjadi tempat masuknya kuman ke dalam pembuluh darah.

2. Perdarahan dan pembengkakan
Mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah, lidah yang ditindik lebih berpotensi untuk terjadi perdarahan. Begitupun jika terjadi infeksi pada daerah di bawah lidah, dapat mengakibatkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas.

3. Keretakan pada gigi
Gesekan yang terus menerus dalam jangka panjang antara perhiasan dengan gigi dapat mengakibatkan gigi retak bahkan sampai patah.

4. Angina Ludwig dan Endokarditis
Menurut para ahli di Academy of General Dentistry Chicago, tindik lidah dapat menimbulkan risiko yang serius, bakteri yang disebabkan dari infeksi tindik lidah akan ikut mengalir bersama darah dan akhirnya menyebabkan Angina Ludwig dan Endokarditis.

Angina Ludwig adalah infeksi akut dengan tanda-tanda pembengkakan yang dapat menutup saluran nafas, dan kemudian menginfeksi lapisan dalam dasar mulut, yang disebabkan oleh kuman Streptokokus. Sedangkan Endokarditis adalah infeksi pada endokardium (lapisan dalam jantung) atau peradangan yang serius di katup jantung, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, karena bakteri oral dapat masuk ke dalam aliran darah melalui luka di lidah dan membuka jalan menuju jantung. [ndis]

Peraturan Komentar