Jaket Nehru Masuk Daftar Sepuluh Ikon Mode Politik Dunia
Jawaharlal Nehru (Ist)

Seruu.com - Jaket gaya Nehru, yang menjadi terkenal karena dikenakan oleh perdana menteri pertama India Jawaharlal Nehru, masuk dalam daftar '10 besar pakaian yang ditafsirkan sebagai pernyataan politik global' oleh majalah Time.

 

Jaket berkerah tinggi yang biasa dikenakan oleh para politisi di India ini diberi nama jaket Nehru setelah jaket potongan Nehru dipasarkan di seluruh dunia.

"Ketika jaket itu dipasarkan ke pasar Barat maka jaket disebut jaket 'Nehru', perdana menteri karismatik yang telah mempopulerkan gaya jaket ini dengan mengenakannya di depan umum selama dia menjabat," jelas majalah Time seperti dimuat di BBC, Jumat (13/1/2012).

Time menegaskan Jawaharlal Nehru bukan satu-satunya tokoh terkenal yang mengenakan jaket khas tersebut.

Selain Jawaharlal Nehru dan para politisi India, jaket gaya Nehru juga pernah dikenakan oleh grup musik The Beatles dan penari dan penyanyi asal Amerika Serikat, Sammy Davis Junior.

Davis Junior mengaku mempunyai 200 jaket gaya Nehru.

Di antara 10 pakaian yang masuk daftar majalah Time juga terdapat celana olahraga pemimpin Kuba, Fidel Castro, dan jaket safari mendiang pemimpin Cina, Mao Zedong.

Stelan celana panjang dan jaket yang biasa dikenakan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, dan kacamata politisi Amerika, Sarah Palin, juga masuk daftar 10 besar. [bbc]

Peraturan Komentar