http://www.seruu.com/
http://www.seruu.com/
 
Jerman Buka Diri Untuk Sineas Indonesia
Florian Gallenberger

Seruu.com - Sutradara asal Jerman Florian Gallenberger mengatakan, negaranya sangat membuka kesempatan bagi sineas Indonesia yang ingin belajar dunia perfilman di Jerman, seiring pesatnya perkembangan dunia film negara itu.

"Saya rasa Jerman merupakan tempat yang bagus untuk belajar dunia perfilman, industri film kami sedang tumbuh cepat, namun syaratnya anda harus bisa berbahasa Jerman," kata Gallenberger dalam jumpa pers Festival Film Jerman di Goethe Institut, Jakarta, Kamis.

Menurut Gallenberger, meskipun dirinya kurang memahami tentang industri film Indonesia, namun ia memandang Indonesia merupakan pasar potensial bagi film Jerman, begitu pula sebaliknya.

"Untuk mewujudkan sebuah industri film yang mapan, maka dua hal yang terpenting adalah dengan memperbanyak sekolah perfilman, tentunya hal itu harus dibarengi dengan dukungan pendanaan pemerintah," kata sutradara yang memenangi piala Oscar 2001 untuk kategori "Film Pendek Terbaik" dengan filmnya "Quiero Ser" itu.

"Semakin banyak sutradara muda yang belajar tentang perfilman, maka semakin maju industri film di negara itu," katanya.

Sementara itu, Kepala Urusan Kebudayaan Goethe Institut Frank Werner dalam kesempatan yang sama mengatakan, ada kemiripan industri film di Jerman dan Indonesia.

"Industri film di kedua negara sedang berkembang pesat dalam 10 tahun terakhir, maka kami menggunakan kesempatan itu untuk menghadirkan 10 film `blockbuster` Jerman di lima kota di Indonesia," kata Werner, yang mengomentari festival film Jerman pertama di Indonesia itu.

"Film Jerman yang laku secara komersial jarang mendapat kesempatan diputar di Indonesia. Kami akan menjadikan Jakarta sebagai sampel untuk meneliti potensi pasar film Jerman di Indonesia," katanya.

Festival "German Cinema" merupakan salah satu rangkaian acara Jerman-Indonesia "JERIN". Masyarakat Indonesia diundang untuk mendapat kesempatan menonton film Jerman secara gratis.

JERIN juga menyediakan informasi terkait film, lokasi pemutaran, jadwal film, serta pemesanan tiket melalui laman internet germancinema.jerin.or.id atau email ke cinema@jakarta.goethe.org.

Peraturan Komentar