Malam ini Sejumlah Musisi Ternama Gelar Konser Perdamaian di Prambanan

Yogyakarta, Seruu.com - Sejumlah musisi dan seniman akan menggelar doa bersama dan konser perdamaian bertajuk "Sembah Sujud Doa Pertiwi Nusantara Harmoni" di Ramayana Stage, Candi Prambanan Yogyakarta, Rabu, malam.  Kepala Taman Wisata Candi Prambanan Joko Sutono menuturkan konser yang digelar mulai 18.00 WIB tersebut akan melibatkan sejumlah musisi dan seniman.

Sejumlah musisi itu antara lain Djaduk Ferianto (sanggar Kua Etnika dan Sinten Remen), Dewa Budjana (gitaris grup band GIGI), Trie Utami, Ayu Laksmi, Gede Kurniawan, Laksmi Devi (seniman yang menetap di Amerika Serikat), Mr. Botax (grup rocker fusion asal Bali), dan Komunitas Sunda Wiwitan Rajah Mantra (pimpinan Budi Dalton). “Acara terbuka untuk umum dan gratis,” kata Joko.

Koordinator dari penyelenggara acara Yayasan Nyanyian Dharma, Agung Bagus Mantra menuturkan, konser perdamaian ini diselengggarakan sebagai gerakan pembaharuan untuk kembali menyuarakan perdamaian di Nusantara yang belakangan kembali terkoyak dengan sejumlah peristiwa menyedihkan seperti tragedi Mesuji hingga Bima.

“Kami mengajak seluruh masyarakat yang ada di Yogyakarta untuk hadir dan membawa doanya agar bangsa Indonesia terbuka hatinya lagi untuk bergandengan tangan, bahu-membahu, dan bergotong-royong sebagai bangsa besar,” kata Agung.

Lewat Nyanyian Dharma ini, para musisi ingin kembali menebarkan pesona keindahan perdamaian dan keharmonisan di Bumi Nusantara yang terbangun sejak nenek moyang mengajarkan perbedaan antarmanusia. “Tapi kini perbedaan itu malah jadi potensi perpecahan bangsa Indonesia” kata Trie Utami kepada wartawan, kemarin malam.

Sementara Dewa Budjana menuturkan kolaborasi artis dalam konser ini diharapkan dapat menjadi semangat baru untuk kembali melestarikan nilai-nilai luhur Nusantara dalam bingkai kekinian sebagai acuan generasi muda.

Nyanyian Dharma sendiri dirintis Dewa Budjana di tahun 1998 melalui album rohani Hindu berlabel “Independen’. Awalnya Dewa Budjana mengajak musisi Bali untuk menyebarkan rekaman alunan musik dengan konsep modern untuk pendalaman spiritual hingga tahun 1999 dengan masuknya gitaris handal Made Balawan.

Di tahun 2004, berkolaborasi dengan Agung Bagus Mantra memunculkan album berikutnya hingga edisi yang ketiga di tahun 2009. Untuk edisi album kedua, Trie Utami terlibat di dalamnya dengan lagu Nyanyian Mantram Gayatri.

Dalam konser di Prambanan itu, rencananya akan ada penyerahan sejumlah dana yang berhasil dihimpun dari berbagai donator untuk diberikan kepada korban bencana erupsi Gunung Merapi. [ndis]

Peraturan Komentar