Hapus Postingan Cara Aborsi, Facebook Justru Minta Maaf

Seruu.com - Facebook mengutarakan permohonan maafnya kepada seorang aktivis pembela hak reproduksi setelah menghapus postingan tentang cara-cara aborsi di jejaring sosial itu.  Permintaan maaf itu berbunyi bahwa penghapusan itu merupakan sebuah ketidaksengajaan karena dianggap melanggar butir-butir tentang hak dan tanggung jawab menggunakan Facebook.

"Kebijakan kami dijalankan berdasarkan sekelompok pengamat di beberapa kantor di seluruh dunia. Tim ini memperhatikan ribuan keluhan setiap pekan dan kadang kala kami membuat kesalahan dan menghapus sepotong konten yang tidak seharusnya kami hapus," terang Facebook dalam ucapan maafnya.

Sebelumnya Rebecca Gomperts aktivis yang bekerja untuk Women on Web, sebuah kelompok pembela hak aborsi yang berbasis di Belanda mengatakan postingan di Facebook dihapus. Ia juga menunjukan hasil screenshot dari peringatan yang dikirim Facebook kepadanya.

Kelompok Woman on Web sendiri menyatakan kegembiraanya atas permintaan maaf itu dan Gomperts sendiri telah memposting kembali konten yang berisi cara-cara aborsi di akun Facebook-nya.

Facebook bukan yang pertama yang bermasalah dengan kelompok pendukung aborsi. Sebelumnya fitur Siri dari Apple dituduh sebagai teknologi antiaborsi setelah fitur pengenalan dan kendali suara itu menolak memberi informasi tentang klinik aborsi kepada penggunanya. [ndis]

Peraturan Komentar