http://www.seruu.com/
http://www.seruu.com/
 
Pianis Ananda Sukarlan Siap Pentaskan Cerpen Karya Putu Wijaya

Seruu.com - Pianis Ananda Sukarlan akan mementaskan opera yang diadaptasi dari dua cerita pendek karya Putu Wijaya dalam "Java New Year Concert (JYNC) 2012". "Tujuan dari konser ini adalah agar orang yang datang ke Jakarta bisa tahu seperti apa Indonesia melalui musik. Opera sengaja dipilih karena lengkap menyajikan musik, tari, dan sastra," kata Ananda dalam jumpa pers pada Kamis pekan lalu (29/12).

Opera tersebut berasal dari cerpen berjudul "Laki-laki Sejati" dan "Mendadak Kaya" yang akan dipentaskan di tiga kota yaitu Jakarta (8/1), Surabaya (13/1), dan Bandung (15/1) dengan sutradara Chendra Panatan.

Pementasan di Jakarta akan dilangsungkan di Auditorium Bank Indonesia, Surabaya bertempat di Gedung Kesenian Cak Durasim, dan Bandung digelar di Sasana Budaya Teater Tertutup.

"Saya memilih kedua cerpen itu karena saya pengagum Putu Wijaya, ditambah karena latar tempat dan cerita keduanya lebih mudah diadaptasi untuk dijadikan opera," jelas pianis yang sejak 1998 menetap di Spanyol tersebut.

Opera yang masing-masing berdurasi 30 menit itu akan dibawakan oleh penyanyi muda yang merupakan pemenang Kompetisi Vokal Nasional Tembang Puitik Ananda Sukarlan 2011 yaitu soprano coloratura Evelyn Merrelita dan mezzosoprano Eriyani Tenga Lunga untuk cerpen "Laki-laki sejati" dan tenor Adi Nugroho serta Pharel Silaban untuk cerpen "Mendadak Kaya".

"Opera pertama lebih intim karena menampilkan percakapan ibu dan anak, sementara opera kedua lebih atraktif karena merupakan komedi slapstick yang `nyeleneh`, lengkap dengan tarian," kata pria kelahiran 1968 tersebut.

Ananda yang memulai karir profesionalnya pada 1994 di Eropa itu mengaku tidak mengalami hambatan dalam berlatih dengan para pengisi acara konser, meski ia baru dapat bergabung di tanah air pada pertengahan Desember.

"Mereka adalah bibit muda musik yang suka tantangan dan tidak takut mencoba hal baru, jadi saya senang bekerja dengan mereka," papar Ananda.

Ajang JNYC 2012 merupakan perhelatan yang ketujuh dari Ananda Sukarlan bersama Yayasan Musik Indonesia, namun bentuk opera dan pementasan di tiga kota merupakan yang pertama.

Yayasan Musik Indonesia juga memberikan beasiswa kepada generasi muda yang akan meneruskan pendidikan di bidang musik klasik namun terkendala biaya.
[ndis]

Peraturan Komentar